Jurnal Refleksi Minggu Ke-7 Calon Guru Penggerak
Oleh
I Putu
Sudarsana, S.Pd
Calon Guru Penggerak Angkatan 4
Kabupaten Karangasem-Bali
Pada minggu ketujuh ini, saya masih mencoba membuat
Jurnal Refleksi dengan menggunakan model Driscoll.
Model ini terdiri dari tiga bagian, yaitu 1) What? (deskripsi dari peristiwa
yang terjadi), 2) So What? (analisis dari peristiwa yang terjadi), dan 3) Now
What (tindak lanjut dari peristiwa yang terjadi. Berikut jurnal
refleksi yang telah saya susun.
Pada minggu keenam, sesi akhirnya adalah Refleksi Terbimbing sehingga
pada minggu ketujuh ini, yaitu 29 Oktober – 3 Desember 2021, diawali dengan Demonstrasi Kontekstual. Pada sesi ini
CGP diajak untuk berlatih menerapkan Inkuiri Apresiatif untuk mengidentifikasi
potensi murid dan membuat strategi untuk menumbuhkannya. Selain berlatih membuat prakarsa perubahan melalui alur BAGJA, CGP juga diminta
mengamati hasil karya rekan lain dan memberikan umpan balik. Pembelajaran selanjutnya adalah Elaborasi Pemahaman bersama instruktur
yang didahului dengan menuliskan refleksi mengenai pembelajaran yang telah
dilaksanakan dan memberikan pertanyaan kepada instruktur. Koneksi Antar Materi merupakan pembelajaran terakhir, yaitu membuat rencana perubahan nyata untuk
mewujudkan visi. Pada sesi ini CGP diajak mengaitkan kembali materi yang telah dipelajari
sebelumnya baik di Modul 1.3 ini maupun di modul sebelumnya (Modul 1.1 mengenai
Filosofi Pendidikan dan Modul 1.2 mengenai Nilai dan Peran Guru Penggerak). Dalam pembelajaran (Pendidikan Guru Penggerak) ini, saya berusaha
mengikuti dengan baik semua tahapan. Saya berusaha mengikuti kegiatan baik itu tugas mandiri, kegiatan tatap muka daring, maupun
diskusi asinkron. Rekan CGP lainnya pun melaksanakan pembelajaran yang serupa dan kami berkolaborasi serta saling memberikan umpan balik terhadap karya masing-masing.
Dalam mengikuti
pembelajaran
pada minggu ketujuh ini, saya merasa bersyukur bisa memperoleh
pengetahuan dan pengalaman belajar. Saya juga merasa senang bisa berkolaborasi
dan berbagi bersama rekan CGP lain, fasilitator, maupun instruktur. Dalam
menyajikan tugas membuat prakarsa perubahan melalui tahapan BAGJA yang diunggah, para CGP saling memberi umpan balik yang positif. Pada sesi elaborasi
pemahaman secara virtual rekan-rekan CGP
terlihat bersemangat
dan ceria dalam mengikuti kegiatan. Setelah
pembelajaran, dampak tersebut masih dialami, karena pengalaman belajar yang
didapat memberikan kesan yang baik. Ketika menghadapi peristiwa serupa, saya
cenderung akan berusaha mengikuti dengan baik setiap kegiatan. Saya akan
mengambil pelajaran dari apa yang terjadi, dan akan menerapkan pengetahuan yang
diperoleh pada pembelajaran di kelas maupun di sekolah. Hal ini saya lakukan
karena pengetahuan dan pemahaman tentang inkuiri apresiatif dengan tahapan
BAGJA yang didapat dalam pembelajaran sangat bermakna dan berguna untuk
melakukan suatu perubahan di kelas dan di sekolah. Sebelum mengetahui tentang
inkuiri apresiatif, saya memandang sesuatu dari sudut pandang masalah,
kesalahan, dan kekurangan, sehingga saya hanya mencari solusi dari masalah,
mencari siapa yang salah, dan mengapa terjadi kesalahan. Dengan mempelajari
Inkuiri Apresiatif, sudut pandang saya berubah. Saya bisa melihat sesuatu dari
kekuatan yang dimiliki, sehingga fokus saya adalah menggabungkan dan
mengembangkan kekuatan itu untuk pencapaian visi.
Dalam menindaklanjuti refleksi ini,
dibutuhkan dukungan dari seluruh pemangku kepentingan di sekolah. Diperlukan
partisipasi aktif dari seluruh warga sekolah demi terwujudnya pelajar pancasila
yang berkeunggulan lokal dan berwawasan global. Perubahan besar tentu berawal
dari perubahan-perubahan kecil yang dilakukan oleh setiap warga sekolah.
Sebagai seorang guru, perubahan yang bisa saya lakukan adalah terkait
pembelajaran di kelas. Perubahan agar bisa menciptakan pembelajaran yang
menyenangkan dan berpusat pada murid. Salah satunya yang bisa dilakukan adalah
menerapkan inkuiri apresiatif dengan alur BAGJA yang fokus pada kekuatan yang
dimiliki setiap aset, yakin visi bisa tercapai.
Karangasem, 4 Desember 2021
Posting Komentar untuk "Jurnal Refleksi Minggu Ke-7 Calon Guru Penggerak"