Tugas Akhir Pembatik Level 1: Literasi
RESUME
VIDEO INSPIRASI
Implementasi
Kurikulum Merdeka – Belajar Lebih Bermakna & Menyenangkan
Dari Ni Made Meriandinata
(Guru
SD Negeri Tulangampiang, Denpasar-Bali)
Judul
Video Inspirasi ini adalah “Implementasi Kurikulum Merdeka – Belajar Lebih
Bermakna & Menyenangkan” . Video ini manyajikan pengalaman ibu Ni Made
Meriandinata dari SDN Tulangampiang, Denpasar, Bali dalam mengimplementasikan Kurikulum
Merdeka dan Pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar. Dalam video ini Bu Made
mengungkapkan pandangannya tentang Kurikulum Merdeka. Kurikulum Merdeka
dipandang sebagai kurikulum yang bagus untuk diterapkan dan terus dikembangkan
dalam dunia pendidikan di zaman sekarang. Pada dasarnya kurikulum yang baik
adalah yang dinamis, terus berubah mengikuti kebutuhan belajar dan perkembangan
zaman. Kurikulum Merdeka merupakan kurikulum yang hendak mewujudkan belajar
yang bebas dari tekanan, baik bagi murid maupun bagi guru. Kurikulum Merdeka
memberi ruang tanpa batas. Guru diberikan keleluasaan untuk berkreasi dalam
berbagai hal untuk mengembangkan potensi-potensi unik dari setiap murid.
Bu
Made juga mengungkapkan tentang Komunitas Belajar yang dimiliki dan keberadaan
Platform Merdeka Mengajar yang membantu guru dalam mengimplementasikan
Kurikulum Merdeka. Komunitas Belajar dijadikan wahana untuk berdiskusi dan
saling berbagi dengan rekan sejawat guru tentang berbagai metode mengajar yang
bisa digunakan untuk memfasilitasi kebutuhan belajar murid yang beranekaragam. Dalam
komunitas belajar juga bisa didiskusikan metode yang bisa digunakan untuk
menumbuhkan kepemimpinan pada murid, dan sebagainya. Platform Merdeka Mengajar
memberikan inspirasi dan membantu guru untuk mengembangkan kreasinya di kelas,
mulai dari pelaksanaan asesmen diagnostik, perencanaan pembelajaran, asesmen formatif
dan sumatif, maupun kegiatan-kegiatan lainnya. Platform Merdeka Mengajar juga
memuat fitur video inspirasi, dimana di fitur tersebut kita bisa melihat
berbagai video tentang penerapan kurikulum merdeka di berbagai sekolah, yang
bisa menginspirasi dan kita terapkan juga.
Dalam
mengimplementasikan Kurikulum Merdeka Bu Made merasa senang dan Bahagia. Hal
ini karena melihat anak-anak (murid) yang senang dan menjadi bergairah dalam
belajar. Anak-anak menjadi lebih disiplin, sadar, dan bahagia dalam belajar. Dan
yang lebih membuat kami bersyukur adalah murid menjalankan ini semua secara
tulus, tanpa paksaan dan intervensi. Jika sudah demikian, maka kita akan mampu
menggali potensi setiap anak lebih mendalam. Mewujudkan pembelajaran yang
menyenangkan dan bermakna merupakan hal penting dalam pendidikan.
Dalam
meimplementasikan Kurikulum Merdeka, Bu Made menggunakan pembelajaran berbasis
proyek. Pembelajaran berbasis proyek yang dilaksanakan diberi tajuk KOLAK MANIS
(Kolaborasi Kreasi Makanan Indonesia). Melaui proyek ini anak-anak diminta untuk berkolaborasi bersama
orangtuanya. Dengan proyek kolaborasi atau belajar bersama ini, harapannya
adalah murid bisa lebih dekat dengan orang tua. Kedekatan antara orang tua dan
murid harus dibangun, karena sangat penting dan memiliki pengaruh yang besar
dalam proses pendidikan. Dalam proyek ini ternyata murid juga suka mengantarkan
hasil makanan ke murid lainnya. Hal ini sangat bagus dalam menumbuhkan sifat
empati dan toleransi untuk mewujudkan Profil Pelajar Pancasila. Melalui
pembelajaran berbasis proyek, dimensi-dimensi profil pelajar Pancasila bisa
dikuatkan. Dimensi-dimensi tersebut meliputi 1) beriman, bertakwa kepada Tuhan
Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia, 2) mandiri, 3) bergotong-royong, 4)
berkebinekaan global, 5) bernalar kritis, dan 6) kreatif.
Pembelajaran
Berbasis Proyek yang diterapkan oleh Bu Made Meriandinata sangat menginspirasi,
karena berhasil mengembangkan karakter dan kompetensi Profil Belajar Pancasila
dari murid. Pembelajaran Berbasis Proyek merupakan aksi nyata dalam pembelajaran
kurikulum merdeka. Pembelajaran berbasis proyek dapat mengakomodasi berbagai kebutuhan
belajar murid karena berorientasi pembelajaran diferensiasi. Pelaksanaan
Kurikulum Merdeka yang diterapkan memancing ide-ide baru tentang pembelajaran
berbasis proyek yang bisa diterapkan di kelas, tentunya disesuikan dengan
karakteristik mata pelajaran, karakteristik siswa, maupun lingkungan belajar.
Posting Komentar untuk "Tugas Akhir Pembatik Level 1: Literasi"