Aksi Nyata PMM: Topik "Perencanaan Pembelajaran SMA"
ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN
MATA PELAJARAN FISIKA
A. Identitas
Mata
Pelajaran |
: |
IPA-Fisika |
Fase/
Kelas |
: |
E/
X |
Sekolah |
: |
SMA
Negeri 1 Bebandem |
Penyusun |
: |
I
Putu Sudarsana, S.Pd.,M.Pd |
B. Capaian Pembelajaran
Pada akhir fase E, peserta didik memiliki kemampuan
untuk responsif terhadap isu-isu global dan berperan aktif dalam
memberikan penyelesaian masalah. Kemampuan tersebut antara lain
mengamati, mempertanyakan dan memprediksi, merencanakan dan melakukan
penyelidikan, memproses dan menganalisis data dan informasi, mengevaluasi dan
refleksi, mengkomunikasikan hasil dalam bentuk projek sederhana atau simulasi
visual menggunakan apilkasi teknologi yang tersedia terkait dengan energi
alternatif, pemanasan global, pencemaran lingkungan, nano teknologi, bioteknologi,
kimia dalam kehidupan sehari-hari, pemanfaatan limbah dan bahan alam, pandemi
akibat infeksi virus. Semua upaya tersebut diarahkan pada pencapaian tujuan
pembangunan yang berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDGs).
Melalui pengembangan sejumlah pengetahuan tersebut dibangun pula berakhlak
mulia dan sikap ilmiah seperti jujur, obyektif, bernalar kritis, kreatif,
mandiri, inovatif, bergotong royong dan berkebhinekaan global.
C. Capaian Pembelajaran Per Elemen
1. Elemen Pemahaman Fisika
Peserta didik mampu mendeskripsikan gejala alam dalam cakupan keterampilan proses dalam pengukuran, perubahan iklim dan pemanasan global, pencemaran lingkungan, energi alternatif, dan pemanfaatannya.
2. Elemen Keterampilan Proses
1) Mengamati
Peserta didik mampu mengoptimalkan potensi menggunakan ragam alat bantu untuk melakukan pengukuran dan pengamatan.
2) Mempertanyakan dan Memprediksi
Peserta didik mampu mempertanyakan dan memprediksi berdasarkan hasil observasi, mampu merumuskan permasalahan yang ada dan mampu mengajukan pertanyaan kunci untuk menyelesaikan masalah.
3) Merencanakan dan Melakukan PenyelidikanPe
- Peserta didik mengidentifikasi latar belakang masalah, merumuskan tujuan, dan menggunakan referensi dalam perencanaan penyelidikan/penelitian.
- Peserta didik membedakan variabel, termasuk yang dikendalikan dan variabel bebas, menggunakan instrumen yang sesuai dengan tujuan penyelidikan. Peserta didik menentukan langkah langkah kerja dan cara pengumpulan data.
4) Memproses, Menganalisis Data dan Informasi
- Peserta didik menyiapkan peralatan/ instrumen yang sesuai untuk penelitian ilmiah, menggunakan alat ukur secara teliti dan benar, mengenal keterbatasan dan kelebihan alat ukur yang dipakai.
- Peserta didik menerapkan teknis/ proses pengumpulan data, mengolah data sesuai jenisnya/sesuai keperluan, menganalisis data dan menyimpulkan hasil penelitian serta memberikan rekomendasi tindak lanjut/saran dari hasil penelitian.
5) Mencipta
Peserta didik mampu menggunakan hasil analisis data dan informasi untuk menciptakan ide solusi ataupun rancang bangun untuk menyelesaikan suatu permasalahan.
6) Mengevaluasi dan Merefleksi
- Peserta didik berani dan santun dalam mengajukan pertanyaan dan berargumentasi, mengembangkan keingintahuan, dan memiliki kepedulian terhadap lingkungan.
- Peserta didik mengajukan argumentasi ilmiah dan kritis berani mengusulkan perbaikan atas suatu kondisi dan bertanggungjawab terhadap usulannya.
- Peserta didik bersikap jujur terhadap temuan data/fakta.
7) Mengkomunikasikan Hasil
- Peserta didik menyusun laporan tertulis hasil penelitian serta mengomunikasikan hasil penelitian, prosedur perolehan data, cara mengolah dan cara menganalisis data serta mengomunikasikan kesimpulan yang sesuai untuk menjawab masalah penelitian /penyelidikan secara lisan atau tulisan
- Peserta didik menyajikan hasil pengolahan data dalam bentuk tabel, grafik, diagram alur/ flowchart dan/atau peta konsep, menyajikan data dengan simbol dan standar internasional dengan benar, dan menggunakan media yang sesuai dalam penyajian hasil pengolahan data. Peserta didik mendeskripsikan kecenderungan hubungan, pola, dan keterkaitan variabel dan menggunakan bahasa, simbol dan peristilahan yang sesuai untuk bidang fisika.
D. Tujuan Pembelajaran
Adapun tujuan pembelajaran yang bisa dijabarkan dari capaian pembelajaran, yaitu:
10.1 Menjelaskan dan merancang prosedur kerja ilmiah untuk menyelidiki hubungan antar variabel pada suatu fenomena dalam kehidupan sehari-hari.
10.2 Menerapkan prinsip-prinsip pengukuran dan menyajikan hasil pengukuran besaran fisis dengan menggunakan peralatan dan teknik yang tepat
10.3 Mendiagramkan bentuk energi dan transformasinya dalam fenomena kehidupan sehari-hari, serta mengajukan gagasan penggunaan sumber energi alternatif
10.4 Menyajikan hasil analisis gejala, penyebab, dampak, dan solusi atas perubahan iklim, serta pemanasan global dalam kehidupan sehari-hari.
E. Alur Tujuan Pembelajaran
Penjabaran Alur Tujuan Pembelajaran IPA-Fisika Fase E
Tujuan Pembelajaran |
Indikator Pencapaian Kompetensi |
Kata Kunci |
Alokasi Waktu |
Profil Pelajar Pancasila |
|
10.1 |
Menjelaskan
dan merancang prosedur kerja ilmiah untuk menyelidiki hubungan antar variabel
pada suatu fenomena dalam kehidupan sehari-hari. |
1. Menjelaskan
metode ilmiah untuk penyelidikan suatu fenomena dalam kehidupan sehari-hari 2. Menjelaskan
keselamatan kerja dalam melakukan praktikum di laboratorium 3. Merancang
prosedur kerja ilmiah dan keselamatan kerja dalam melakukan praktikum di
laboratorium |
- Metode
Ilmiah - Keselamatan
Kerja di Laboratorium |
6 JP |
Berintegritas
dan menjaga keselamatan diri dalam keselamatan kerja; Memahami keterhubungan
ekosistem bumi dan menjaga lingkungan (akhlak mulia wujud Beriman dan
Bertakwa); Menetapkan
tujuan dan rencana, serta mengembangkan kendali dan disiplin diri (wujud Kemandirian);
Menunjukkan
kolaborasi dan komunikasi untuk tujuan bersama (wujud Bergotong royong);
Memperoleh
dan mengolah informasi serta menganalisis, mengevaluasi, merefleksi, dan
mengevaluasi pikirannya sendiri (wujud Bernalar kritis); Memiliki
keluwesan berpikir dalam mencari alternatif solusi permasalahan (wujud Kreativitas); |
10.2 |
Menerapkan
prinsip-prinsip pengukuran dan menyajikan hasil pengukuran besaran fisis
dengan menggunakan peralatan dan teknik yang tepat |
1. Mengelompokkan besaran fisika ke dalam besaran pokok
dan besaran turunan 2. Menganalisis satuan dengan besaran fisika yang
sesuai 3. Mengidentifikasi macam-macam alat ukur sesuai dengan
besarannya 4. Menerapkan prinsip notasi ilmiah dan aturan angka
penting dalam menuliskan hasil pengukuran besaran fisika 5. Melakukan
pengukuran secara langsung terhadap besaran panjang, massa, dan waktu
menggunakan peralatan dan teknik yang tepat 6. Menyajikan data yang telah dikumpulkan dari hasil
pengukuran berikut ketelitiannya mengikuti kaidah angka penting |
- besaran
pokok dan turunan; - satuan
baku dan tidak baku; - pengukuran
langsung dan tidak langsung; - alat
ukur dan penggunaannya; - penyajian
hasil ukur (angka penting dan notasi ilmiah) |
27 JP |
|
10.3 |
Mendiagramkan
bentuk energi dan transformasinya dalam fenomena kehidupan sehari-hari, serta
mengajukan gagasan penggunaan sumber energi alternatif |
1. Mengklasifikasikan
bentuk-bentuk energi dasar 2. Menganalisis
bentuk energi yang terlibat pada penerapannya dalam kehidupan sehari-hari 3. Mendiagramkan
transformasi energi dalam peristiwa kehidupan sehari-hari 4. Menganalisis
konsep energi potensial, energi kinetik, dan energi mekanik dalam
penerapannya di kehidupan sehari-hari 5. Menganalisis
konsep energi kalor dan energi listrik dalam penerapannya di kehidupan
sehari-hari 6. Menganalisis
keberlakuan hukum kekekalan energi mekanik pada peristiwa yang terjadi dalam
kehidupan sehari-hari 7. Mengidentifikasi
masalah ketersediaan energi yang ada di lingkungan sekitar tempat tinggal 8. Menganalisis
potensi sumber energi yang ada di lingkungan sekitar tempat tinggal 9. Merancang
pembuatan alat atau prototipe penghasil energi sederhana, sebagai solusi
masalah ketersediaan energi 10. Membuat
alat atau prototipe penghasil energi sederhana, 11. Menyajikan
hasil pembuatan alat sederhana penghasil energi dan cara kerjanya |
- bentuk
energi dan transformasinya; - perkembangan
penggunaan berbagai sumber energi; - sumber
energi alternatif - rancangan
pembuatan alat penghasil energi alternatif |
24 JP |
|
10.5 |
Menyajikan
hasil analisis gejala, penyebab, dampak, dan solusi atas perubahan iklim,
serta pemanasan global dalam kehidupan sehari-hari. |
1. Mengidentifikasi
gejala/fakta-fakta terjadinya pemanasan global terkait perubahan lingkungan 2. Mengidentifikasi
penyebab terjadinya pemanasan global dalam kaitannya dengan perubahan
lingkungan 3. Menganalisis
dampak pemanasan global terhadap perubahan lingkungan 4. Menyajikan
solusi untuk meminimalkan dampak pemanasan global dalam kaitannya dengan
perubahan lingkungan 5. Melakukan
proyek untuk meminimalkan dampak pemanasan global 6. Menyajikan/presentasi
proyek yang sudah dilaksanakan dalam meminimalkan dampak pemanasan global 7. Melakukan
evaluasi dan refleksi terhadap proyek yang sudah dilaksanakan dalam
meminimalkan dampak pemanasan global |
Gejala,
penyebab, dampak, dan solusi atas perubahan iklim, dan pemanasan global |
9 JP |
- Apakah tujuan pembelajaran sudah menunjukkan kompetensi yang perlu murid capai? Jelaskan alasannya.
- Apakah tujuan pembelajaran selaras dengan kompetensi dalam Capaian Pembelajaran? Jelaskan alasannya.
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusMantap. Tujuan pembelajaran yang dijabarkan dari capaian pembelajaran sudah sesuai dengan kompetensi yang perlu dicapai murid. Tujuan Pembelajaran Sudah mencakup capaian pada elemen pemhaman fisika dan keterampilan proses
BalasHapusTujuan pembelajaran untuk masing-masing materi sudah menunjukkan kompetensi yang dicapai murid seperti menjelaskan, menerakpan, mendiagramkan dan menyakian merupakan serangkana kompetensi baik pemahaman fisika maupun keterampilan proses. Tujuan pembelajaran yang diangkat sudah selarah dengan tagihan CP di akhir fase E. dimana murid melalui kegiatan pembelajaran yang mendekatkandengan lingkungan dan kehidupannya sehari0hari akan mampu menjadikan peserta didik lebih responsip terhadap isu-isu global dan mampu menjandikan dirinya berperan aktif dalam upaya penanggulangan isu tersebut
BalasHapusKeren dan sangat menginspirasi. TP sudah sesuai dengan kompetensi yang diharapkan untuk dicapai oleh peserta didik dan sudah mencakup capaian pada elemen pemahaman fisika.
BalasHapusSangat menginspirasi dan bermanfaat, Alur Tujuan Pembelajaran yang dibuat sangat komperhensif sesuai dengan kebutuhan belajar murid dan karakteristik peserta didik di fase E. Tujuan pembelajaran yang dirancnag juga sudah selaras dengan Capaian pembelajaran yang diharapkan di fase E karena sudah menggunakan kata kerja operasional yang tepat sesuai karakteristik materi pada capaian pembelajaran
BalasHapus